Kamis, 30 Juni 2016

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

            Laporan keungan (financial statement) adalah hasil akhir dari akuntansi yang merupakan suatu ringkasan transaksi keuangan.  Laporan keuangan disajikan dengan maksud memberikan informasi mengenai posisi harta, utang, dan modal yang terjadi dalam rumah tangga perusahaan dan membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan. Pada umumnya laporan keuangan meliputi laporan laba/rugi, laporan perubahan modal, dan neraca.

Laporan Laba/Rugi (Income Statement)
Laporan laba/rugi adalah laporan yang menunjukkan pendapatan dan beban pada akhir
periode akuntansi.
Penyajian laporan laba/rugi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu tahap langsung (single step) dan bentuk bertahap (multiple step).
Penyajian laporan laba/rugi secara singkat sebagai berikut :
PD ________________________
Laporan laba/Rugi 
untuk Periode yang Berakhir 31 Desember 200___
—————————————————————————————————–
Penjualan                                                                               Rp…………….
Retur penjualan dan Potongan penjualan                         Rp …………… -
            Penjualan bersih                                                       Rp ……………
Harga Pokok Penjualan                                                                   Rp …………. -
Laba kotor                                                                             Rp ……………
Beban Usaha (Beban penjualan & Beban admi. dan umum)       Rp …………… -
Laba usaha                                                                            Rp ……………
Pendapatan di luar usaha                                                    Rp …………… +
                                                                                                Rp ……………
Beban di luar usaha                                                              Rp …………… -
Laba bersih sebelum pajak                                                  Rp ……………
Pajak penghasilan                                                                 Rp …………… -
Laba bersih setelah pajak                                        Rp ……………
                                                                                                            ===========
Laporan Perubahan Modal (Capital Statement)
Laporan perubahan modal adalah laporan yang menunjukkan adanya perubahan modal.  Hal-hal yang diperhitungkan dalam penyusunan laporan perubahan modal adalah sebagai berikut
  1. Besar modal awal periode
  2. Besar laba atau rugi usaha
  3. Besar pengambilan pribadi pemilik atau prive
  4. Besar investasi tambahan dari pemilik
  5. Besar modal akhir periode
Laporan perubahan modal hanya lazim berlaku dibuat pada perusahaan perseorangan, persekutuan, atau firma, sedangkan untuk perusahaan berbentuk perseorangan terbatas (PT) istilahnya adalah laporan laba ditahan atau Return Earning Statement.

Neraca (Balance Sheet)
Neraca adalah laporan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode, yaitu laporan tentang besarnya harta, utang, dan modal perusahaan.  Penyusunan laporan necara pada perusahaan dagang caranya sama seperti menyusun laporan neraca dalam perusahaan jasa dan disusun sesuai dengan tingkat likuiditasnya
            Ada dua cara menghitung Laba / Rugi dalam Akuntansi :
  Pendapatan terdiri dari :
  1. Penjualan
  2. Pendapatan lain-lain
Beban terdiri dari :
  1. Retur penjualan dan Potongan penjualan
  2. Harga pokok penjualan
  3. Beban penjualan
  4. Beban administrasi
  5. Beban lain-lain
  6. Pajak penghasilan
    1. Laba / Rugi = Pendapatan – Beban
    2. Dari laporan perubahan modal :
 


Modal awal                  Rp ……………
Laba bersih                 Rp …………… +
Rp ……………
Prive pemilik               Rp ……………
Modal akhir                 Rp ……………
==========

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates